A. Pengertian Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan sehingga dapat diketahi mutu atau hasil-hasilnya (Anas:2006). Dengan demikian evaluasi pembelajaran atau penilaian adalah sebuah proses systematik untuk mengetahui jenis keberhasilan.
Jadi yang dinilai adalah program yang telah direncanakan sebelumnya. Evaluasi atau penilaian adalah sebuah proses systematik untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan efesiensi suatu program. Jadi yang dinilai adalah programnya atau kegiatan yang dilakukan sebelumnya, sedangkan aspek yang dinilai dari program adalah keberhasilan dan eksistensi pelaksanaan program.
B. Komponen-komponen yang perlu dievaluasi
- Input (siswa/Subjek)
- Materi/Kurikulum
- Guru
- Sarana (Alat Bantu)
- Lingkungan (Lingkungan manusia dan Lingkungan non manusia)
C. Prinsip Dasar Evaluasi hasil belajar
Evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila dalam pelaksanaannya senantiasa berpegang pada 3 prinsip dasar:
- Prinsip Keseluruhan (Menyeluruh)
Juga dikenal dengan prinsip konprehensif yaitu, evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila evaluasi tersebut dilaksanakan secara bulat utuh atau menyeluruh.
Dikenal dengan istilah Continuenitas adalah evaluasi belajar yang baik jika evaluasi dilaksanakan secara teratur dan sambung-menyambung dari waktu-kewaktu.
Mengandung Makna bahwa evaluasi hasil belajar dapat dinyatakan sebagai evaluasi yang baik apabila dapat terlepas dari hal-hal yang sifatnya subjektif.
Untuk mengetahui cara mendapatkan angka korelasi dan perhitungan dalam rangka analisis validitas item dalam evaluasi dapat anda download di sini.